Pages

Sabtu, 18 Desember 2010

Huruf Korea

Huruf hangul 


Hangul adalah tulisan dasar korea. Kata Hangul (한글) adalah nama dari Korea Selatan. Sedangkan di Korea Utara dikenal sebagai Chosŏn'gŭl (조선글). Hangul terdiri dari 28 huruf,  10 huruf Vokal dan 11 Vokal gabungan. Serta 14 konsonan tunggal dan 5 konsonan gabungan.
Huruf ini dibuat oleh Raja Sejong, generasi keempat dinasti kerajaan Choson, bersama dengan para ilmuwan linguistik pada 1443 SM. Kalau dilihat dari Sejarahnya, huruf hangul ini tak bisa lepas dari peranan huruf Mandarin yang mayoritas (memang semua) kanji.


 Huruf Korea Modern

Nama " Hangeul " diciptakan oleh sarjana Ju Shi-kyeong, hingga dipakai sejak tahun 1913 lalu. Setelah itu, nama " Hangeul " disebarluaskan setelah majalah rutin berjudul " Hangeul " diterbitkan tahun 1927. " Hangeul " bermakna " bahasa untuk bangsa Korea ", " bahasa agung ", dan " bahasa terunggul di dunia ", hingga sama dengan makna istilah Hunminjeongeum. Sesuai dengan yang ditetapkan oleh Institut Pengkajian Bahasa Korea tahun 1933, 4 huruf dari 28 huruf yang aslinya diciptakan, dihapuskan, hingga menjadi 24 huruf, yaitu 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal.

Keistimewaan

Bahasa Korea dipakai dengan menggabungkan konsonan dan vokal, maka sangat masuk akal dan mudah dipelajari.

" Bahasa yang Paling Logis di Dunia "
Bahasa Korea diakui sebagai " bahasa yang paling logis di dunia ".
Konsonan dan vokal mudah dibedakan. Terutama, konsonan
menunjuk lokasi bibir, mulut dan lidah, hingga sangat logis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar